Kamis, 14 Agustus 2014

CARA INSTALL DAN MENGGUNAKAN VSRX JUNIPER DI GNS3

Supaya kaga lupa caranye maka ane nulis di marih sape tau ade yang butuh dan pengen nyoba...hehehe

Apa sih VSRX Firefly?...VSRX Firefly adalah Image Virtual dari juniper yang mana diperuntukkan dan dikhusus kan untuk Firewall dan Image ini sama persis kaya Type Firewall SRX yang bisa di gunakan untuk simulasi nya mengenai kekurangannye cari sendiri yeee...ane kaga tau...hahaha

Firewall digunakan untuk keamanan atau security dijaringan, yang gampangnye sih mane yang boleh lewat dan mane yang kaga boleh lewat, kaya security satpam dah pokoknya...hahaha, setiap firewall mempunyai RULE yang menentukan paket mane yang dilewatkan dan paket mane yang kaga boleh dilewatkan....pokoknya klo mo maen firewall inget aje dah kaya pasukan paspamres....kudu meriksa elo klo lo mo ketemu presiden klo lo bukan termasuk kategori yang sesuai lo bakal di usir ame paspamres....hahaha..

untuk itu setiap Brand perangkat selalu die jual firewall, nah klo dijuniper ada type SRX SSG, MAG, Typenye pun bermacam macam..lo baca aja dah di datasheet, gw kaga jualan soalnye,maklum cuman tukang narik kabel....hahaha, walaupun SRX bukan type Firewall Next Generation, tapi mumpuni juga ajiannye buat security, tapi klo mo mengaktifkan Fitur fitur di SRX lo mesti beli lisensi, salah satunye fitur di SRX yaitu  APPSECURE, dan APPSECURE di Bundle fitur IDP,WEBFILTERING,ANTI VIRUS, ame ANTI SPAM...klo ANTI MISKIN kage ade gan....wkwkwk, udah ahh pegel langsung aje yang mo nyoba dan latihan SRX pake nih VSRX yang bentar lagi ane Sharing dimarih...ikutin yeee...bentar gw kencing dulu kebelet soalnye..hahaha
1. lo harus download Image VSRX di website juniper Download nye dimarih yak
kaya gini nih...ane download yang extensi OVA ( bener kga yakk tulisanye ye)



 nah klo udeh download lo kudu punya VMware karena OVA hanya bisa jalan di VMware, kaga jalan di Virtual box,qemu...dan VMware gunanya juga untuk mengakali file OVA ke VMDK
kaya gini nih yang udeh di download

2. klo udeh install VMware nye tinggal klik aje File VSRX.ova nye, tar muncul jendela bar kaya ginih.....


Lo namain dah tuh apaan kek terserah dah gede ini...wkwkwk.....terus lo klik import,tar akan muncul jendela lo klik Accept aja,terserah lo dah mo baca tuh license agrement ampe budek,gw mah kaga ngarti artinye...wkwkwk..kaya gini nih tampilannye yang bikin eneg...


3. Abis ntuh muncul jendela selanjutnye, lo klik edit Virtual Machine setting kaya begini,ini untuk setting Network Adapter , bisa juga add Serial port buat ngonsole, tapi ane kaga jelasin dimarih gimane setingan yang bener di VMwarenya,ane fokus buat kite maennye di GNS3

4. Klo dah berjalan VSRX nye di VMware dengan lancar, berati sukses dan yang kite perluin adalah file VMDK nya, biasanye klo dah install Virtual Machine di VMware filenye bereksitensi VMDK itu sih yang ane tau, ane belon terlalu tau ame VMware karena jarang ngoprek...hehehe, ni ane kasih gambar yang udeh jalan VSRX nye di VMware ane biar kaga penasaran....hahaha


5. Klo udeh ade file VMDK nya kite convert ke extension .IMG dengan software the StarWindConverter yang bisa di download di marih http://www.starwindsoftware.com/download-starwind-converter   pilih yang free klo ane soalnye kaga punya duit buat beli...wkwkwk, biasanye klo mo download kite mesti register dulu dan kite isi biodata dikelurahan....jauh amatt..wkwkwk,boong deng di websitenye lah....kita di minta email corporate ga bisa yang gratisan,biasalah strategi marketing...hahahaha,tar lo tinggal ikutin prosesnye aje, tar sekalian download lisensi key nye yang free aje

6. Setelah udeh dapet software the StarWindConverter, tinggal jalanin aje kaya begini tinggal di next next aje gan...



Klik Finish tinggal kite liat file nye udeh ada belum file IMG nye...kaya di kompi ane nih gini


7. klo udeh ade file IMG nye tinggal kite jalanin di GNS3 dengan klik edit>preferense dan pilih Qemu>junos trus isi dah kolomnye dan imagenye lo taro mane,jgn bingung treakhir tinggal di save dah dan klik oke....kaya gini nih tampilannye,

8. klo udeh lo save image nye...tinggal jalanin GNS3 nya, pilih router junos dan kite pilih image sesuai yang udah kite simpen 

9. klo udeh tampil routernye tinggal klik start untuk menjalankan qemu nya dan klik console untuk mengkonfigurasi VSRX nye, bisa sih langsung di qemu nya tapi kaga enak klo buat ane mah...klo di console bisa multiple CLI...nih ane tampilin gambarnye VSRX vs Olive (buat routernye) dan ane baru buat VSRX nya 1 doang lancar jaya...mo  nyoba 2 VSRX belum jalan masih ada error tar ane oprek lagi, soalnye klo olive tinggal copy doang image nye ampe puas lo mo bikin berapa router


Sekian Sharing dari ane...ntar di lanjut dengan konfigurasi nya Firewall dengan VSRX.....mo disebar luas kan kaga ngapeh...pahala cuuy.....semoga bermanfaat
Selamat Mencoba



25 komentar: