Rabu, 17 April 2013

BASIC COMMAND JUNIPER (JUNOS) bagian 1

Kali ini ane mau share tentang perangkat yang namanya JUNIMPRET...eh salah deng JUNIPER maksudnya..hehehe,juniper ini bukan motor loh atau nama planet tapi sejenis ulat bulu....hahaha...just kidding :))
juniper ialah semacam perangkat networking dan jenisnya berupa Switch,Router,Firewall dan masih ada lagi macem2 dahhh ane kga hapal maklum ane bukan yang jualan cuma kuli panggul,trus ada juga macem type dan kegunaannya...klo ini kaga ane jelasin,klo ane jelasin bisa kriting tangan ane...hehehe,berkunjung aja ke websitenya www.juniper.net,ane cape jelasinnya...hehe,intinya juniper itu sama kaya produk CISCO,MIKROTIK,3COM DLL cuma memang beda dari penggunaan,performance semua ada kelebihan dan kekurangannya namun satu yang harus di inget temen temen "BEDA PERANGKAT KALO KITA PAHAM DENGAN KONSEP NETWORKING PASTI AKAN MUDAH DIPAHAMI"...
berikut ini ane coba share yang basic dulu dalam command di juniper tentunya dengan OS JUNOS karena ini merupakan dasar dari pengoperasian di juniper, jika ada pemahaman berbeda atau ada yang kurang mohon di koreksi...


 
root@:RE:%ezset  (konfigurasi simple junos dalam keadaan perangkat masih baru)
root>set date (mengeset waktu)
root>set cli idle-time-out (setting waktu idle)
root >show log messages (menampilkan pesan log)
root>show chassis hardware (menampilkan informasi  hardware)
root>show system boot-messages (menampilkan informasi boot system)
root >show system alarm(menampilkan peringatan di junos)
root >request system configuration rescue ?
root>file list /config (menampilkan list file yang sudah kita config)
root>show system storage (menampilkan informasi kapasitas penyimpanan)
root#set  system host-name (konfigurasi hostname)
root#set system login user class authentication plain-text password
root#set system domain-name (setting nama domain)
root#set system name-server (setting ip DNS)
root# rename interface ge-/0/0/0 to ge-0/0/1 (Mengganti  atau mengubah config)
root#deactive interface ge-0/0/0 (Menonaktifkan interface)
root# commit synchronize digunakan jika junos di konfigurasi redundant engine
root#set system commit synchronize

mungkin sekian dulu sedikit sharenya ane ngantuk...hehehe bersambung yakkk

2 komentar: