Sabtu, 26 Januari 2013

WORKSHOP CENTOS 1

Bangun tidur kepagian,karena ane tidurnya malem bener..mo tidur lagi ane kaga bisa tidur lagi yaudah ane nulis surat cinta..eehh..salah deng nulis blog....hehehe,kali ini ane mo posting tentang workshop yang kemaren ane ikutin di daerah depok yang materinya di bawakan oleh kang Reza Ervani founder Rumah ilmu indonesia....dan materi yang pertama yaitu nginstall centos dan apache web..mungkin yang udah jago bisa ga usah di baca tapi kasih duit aje ke ane...hehehe

Install centos ini menggunakan net install tanpa GUI,dan workshop nya menggunakan VPS (Virtual Private Server),jadi hanya memerlukan koneksi internet karena server fisik dan resource ada di remote dan virtual,klo belon jelas mengenai VPS tanya aja ke dukun beranak....hahaha,bukan deng tanya sesepuh mbah sakti google.com,terawang nya jago banget...hehehe,mengenai install centos dengan netinstall ane lagi males nulis nihh..hehehe,tanya google aja yakkkk...(pasti ada yang ngedumel,gimane sih nih mo ngasih tutorial kaga ada juntrungannya....wkwkwkwk)....sorryy gaan,bener dahh ane lagi maleesss...hehehe,langkah selanjut nya aja dehh,,,setelah install biasanya kita oprek dahhh yaeyyalahh masa mo di bakarrr,biasanya IP address sudah kita setting waktu penginstalan pertama mo dynamic atau static,klo mau dirubah lagi settingan networknya ente bisa ketik:

nano /etc/sisconfig/network-scripts/ifcfg-eth0

oh iya default centos kaga ada nano nya maka di install dulu ketik:


#yum install nano

Untuk mengganti atau mengedit repository centos bisa ketik:

#cd /etc/yum.repo.d/

edit dengan editor

nano /Centos-Base.repo

berikutnya kita rubah hostname untuk nama domain ketik:

nano /etc/sysconfig/network

tampilan nya seperti ini yang sudah ane rubah hostname,yang ane ganti cuma hostname nya aja yang lain biarkan saja



Langkah berikutnya kita sesuai kan nama hostname dengan IP,kita rubah dengan mengetik:

nano /etc/hosts

tampilan nya seperti ini tinggal kita tambah kan IP dan nama domain kita terserah temen2 mo nama domainna apa saja yang penting sesuai dengan nama hostname tadi dan IP kita



Langkah selanjutnya kita install apache server ketik:

#yum install httpd

 Kemudian  jalankan browser dan ketikkan IP server kita,klo jalan berarti sukses klo ga berhasil mungkin ada yang perlu di edit di httpd.conf yang letaknya di 

#cd /etc/httpd/conf/

edit httpd.conf

#nano httpd.conf

sekian dulu postingannya masih bersambung nti dilanjut lagiii

 

0 komentar:

Posting Komentar